YAYASAN
PURNAMA DAERAH JAWA TENGAH
SMK PURNAMA 2 GOMBONG
Program Diklat : Mekanik
Otomotif (Terakreditasi) B (Baik)
: Teknik Komputer dan Jaringan
Alamat :Jalan Kenanga Desa
Kemukus Kec. Gombong Kab. Kebumen
Telepon
(0287) 472295 Email : Smkp119@ymail.com
EVALUASI
BELAJAR SEMESTER GENAP
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
SMK
PURNAMA GOMBONG
Mata Pelajaran : HIDROLIK
Kelas /
semester : XI / 2 (Dua)
Program : Teknik Mesin Otomotif
Hari /
Tanggal :
Waktu :
I. Jawablah Soal - soal berikut
ini secara urut dan benar !
1.
Pada
Sistem pengendali perlengkapan hidrolis elemen yang berfungsi membatasi
besarnya tekanan maksimum pada system guna melindungi pipa-pipa , hose dan sambungan-sambungan
dari kerusakan (pecah,bocor) yaitu ………
a)
Hydrolik
Tank d).
Breather
b)
Control
Valve / Klep Pengendali e).
Main Relief Valve
c)
Vacuum ( Klep Pengaman Utama)
2.
Bagian
yang berfungsi sebagai reservoir hidrolis yaitu memberikan sejumlah tekanan
hidrolis kepada silinder-silinder pada waktu peralatan dioperasikan yaitu ……..
a)
Hydrolik
Tank d).
Breather
b)
Control
Valve / Klep Pengendali e).
Main Relief Valve
c)
Vacuum ( Klep Pengaman Utama)
3.
Suatu
ruangan dalam system pengendali perlengkapan hidrolis yaitu tempat dimana udara
keluar atau masuk agar tekanan udara dalam tanki selalu sama dengan tekanan
udara luar dinamakan ……
a)
Hydrolik
Tank d).
Breather
b)
Control
Valve / Klep Pengendali e).
Main Relief Valve
c)
Vacuum ( Klep Pengaman Utama)
4.
Bagian
atau elemen yang berfungsi mengatur gerakan silinder, dengan batang penggerak
memanjang, memendek dan berhenti (hold) position ) dinamakan …..
a)
Hydrolik
Tank d).
Breather
b)
Control
Valve / Klep Pengendali e).
Main Relief Valve
c)
Vacuum ( Klep Pengaman Utama)
5.
Suatu
kejadian dimana aliran hidrolis terhambat masuk ke dalam pompa dinamakan ….
a)
Hydrolik
Tank d).
Breather
b)
Control
Valve / Klep Pengendali e).
Main Relief Valve
c)
Vacuum ( Klep Pengaman Utama)
6.
Pada
power shift transmission di pasang kopling dengan banyak piringan – piringan
gesek yang dioperasikan secara hidrolis dan di control dengan pengontrol
transmisi hidrolis dinamakan dengan …..
a)
Transmisi
Constant Mesh d)
Dog Clutek
b)
Shifting
Fork e) Clutek
Packs
c)
Roller
Bearing
7.
Suatu
Sistem di mana semua pasangan roda-roda gigi yang digerakan dan yang
menggerakan setelah berhubungan satu sama lain dinamakan …..
a)
Transmisi
Constant Mesh d) Dog
Clutek
b)
Shifting
Fork
e) Clutek Packs
c)
Roller
Bearing
8.
Pada
dasarnya semua power shift transmission adalah transmisi constant mesh, karena
semua roda –roda giginya antara yang digerakkan dan yang menggerakan selalu
berhubungan satu sama lain. Bedanya kalau transmisi constant mesh tersebut
mempunyai elemen yang dioperasikan secara mekanis yaitu …..
a)
Transmisi
Constant Mesh d) Dog
Clutek
b)
Shifting
Fork e) Clutek Packs
c)
Roller
Bearing
9.
Hubungan
roda gigi penggerak dengan roda gigi yang digerakan didapat dengan meluncurkan
roda gigi yang digerakkan kearah roda gigi yang menggerakkan , sehingga
gigi-giginya masuk satu sama lain.Peluncuran roda gigi (masuk dan keluar)
dilakukan dengan …
a)
Transmisi
Constant Mesh d) Dog
Clutek
b)
Shifting
Fork e) Clutek Packs
c)
Roller
Bearing
10. Roda gigi penggerak
pada power shift transmission biasanya langsung selalu berputar bersama-sama
dengan perantaraan …..
a)
Transmisi
Constant Mesh d) Dog
Clutek
b)
Shifting
Fork
e) Clutek
Packs
c)
Roller
Bearing
11. Pada cara kerja power
shift transmission dengan kecepatan , putaran dan tenaga dari forque converter
dipindahkan langsung ke poros mundur dinamakan ….
a)
Forward
Cluteh Shaft d) Sintered Bronze Plate
b)
Reserve
Cluteh Shaft e) Steel
Clutch Plate
c)
Forward
Drive Gear
12. Pada roda gigi
penggerak poros maju, elemen ini dinamakan …
a)
Forward
Cluteh Shaft d) Sintered Bronze Plate
b)
Reserve
Cluteh Shaft e) Steel Clutch Plate
c)
Forward
Drive Gear
13. Bila roda gigi
penggerak poros maju langsung berputar bersama dengan poros mundur, menggerakan
roda gigi poros penggerak maju dinamakan dengan …
a)
Forward
Cluteh Shaft d) Sintered Bronze Plate
b)
Reserve
Cluteh Shaft e) Steel
Clutch Plate
c)
Forward
Drive Gear
14. Piringan gerak pada
power shift transmission yang di gerakkan terbuat dari baja yang disemprot di
namakan …..
a)
Forward
Cluteh Shaft d) Sintered Bronze Plate
b)
Reserve
Cluteh Shaft e) Steel Clutch Plate
c)
Forward
Drive Gear
15. Piringan Penggerak
baja yang bergerak bersama sama dengan poros dinamakan …..
a)
Forward
Cluteh Shaft d) Sintered
Bronze Plate
b)
Reserve
Cluteh Shaft
e) Steel Clutch Plate
c)
Forward
Drive Gear
16. Suatu keadaan dimana
beban dan perlengkapan dari posisi naik, kemudian diturunkan dengan cepat yaitu
pada saat mesin berputar pelan dinamakan ….
a)
Check
Value
d) Idle
b)
Suction
Value
e) Filter
c)
Cavity
17.
Bagian
/ elemen yang berfungsi mencegah terjadinya Cavitation dengan jalan membuka
saluran tambahan untuk mengisi hidrolis pada rung yang ditinggalkan oleh
gerakan torak yaitu ….
a)
Check
Value
d) Idle
b)
Suction
Value
e) Filter
c)
Cavity
18. Pada system pengendali
, bagian / elemen yang berfungsi membuat system dapat dioperasikan dengan halus
tanpa tersendat-sendat yaitu …..
a)
Check
Value
d) Idle
b)
Suction
Value
e) Filter
c)
Cavity
19.
Suatu
keadaan dimana dalam silinder akan turun dengan cepat, meninggalkan ruangan di
dalam silinder hidrolis dari pompa tidak cukup tempat mengisi kendali ruangan
disebut dengan …
a)
Check
Value
d) Idle
b)
Suction
Value
e) Filter
c)
Cavity
20. Pada section value,
pada akhirnya hidrolis mengalir kembali ke tanki melalui …
a)
Check
Value
d) Idle
b)
Suction
Value
e) Filter
c)
Cavity
21.
Pada
fungsi kelep pengendali yang mengatur gerakan silinder dengan batang penggerak
memanjang, memendek dan berhenti, maka bila operator mendorong handle berfungsi
untuk mengatur gerakan …..
a)
Naik/raise d)
Flost / Mengembang
b)
Berhenti/hold e) Meratakan Tanah
c)
Turun/Lower
22. Sedangkan apabila operator mendorong handle
secara penuh ke depan, maka berfungsi untuk mengatur gerakan ….
a)
Naik/raise d)
Flost / Mengembang
b)
Berhenti/hold e) Meratakan Tanah
c)
Turun/Lower
23. Apabila operator naik
handle, maka berfungsi untuk mengatur gerakan …
a)
Naik/raise d)
Flost / Mengembang
b)
Berhenti/hold e) Meratakan Tanah
c)
Turun/Lower
24. Pada posisi yang
memungkinan pisan/blade pada bulldozer bergerak bebas mengembang dengan
beratnya sendiri ditanah tanpa tahanan dari silinder, maka gerakan ini
diperlukan untuk …..
a)
Naik/raise d)
Flost / Mengembang
b)
Berhenti/hold e) Meratakan Tanah
c)
Turun/Lower
25. Bila Operator
melepaskan handle, maka kelep selalu kembali pada posisi …
a)
Naik/raise d) Flost
/ Mengembang
b)
Berhenti/hold e) Meratakan Tanah
c)
Turun/Lower
26. Pada Sistem
pengontrol/pengendali , elemen yang berfungsi memelihara agar tekanan hidrolis
di dalam torque converter tidak turun dibawah tekanan yang ditentukan yaitu ….
a)
Quick
Return Value d) Oil Cooler
b)
Relief
Value e) Main Relief Valve
c)
Outlet
Oriffice
27. Kelep yang berfungsi
melepas kembali dengan cepat hidrolis yang bertekanan ke saluran buang ( drain
) , sehingga pada waktu operator memindahkan handle transmisi dari maju ke
mundur atau kecepatan satu ke dua, kopling yang bersangkutan akan cepat ke
posisi netral yaitu …..
a)
Quick
Return Value d) Oil Cooler
b)
Relief
Value e) Main Relief Valve
c)
Outlet
Oriffice
28. Kelep yang berfungsi
membatasi besarnya tekanan , maksimum pada system dan beban maksimum pada
system, guna melindungi pipa-pipa, hose dan sambungan –sambungan dari kerusakan
( pecah, bocor) yaitu ……
a)
Quick
Return Value d) Oil Cooler
b)
Relief
Value e) Main Relief Valve
c)
Outlet
Oriffice
29.
Kelep
yang berfungsi membatasi tekanan hidrolis yang masuk ke dalam torque converter
yaitu …
a)
Quick
Return Value d) Oil Cooler
b)
Relief
Value e) Main Relief Valve
c)
Outlet
Oriffice
30. Berfungsi mendinginkan
hidrolis dalam torque converter agar tidak melebihi suhu yang ditentukan yaitu
…
a)
Quick
Return Value d) Oil Cooler
b)
Relief
Value e) Main Relief Valve
c)
Outlet Oriffice
Jawablah Soal - soal
berikut ini secara urut dan benar !
1.
Sebutkan
Gangguan –gangguan yang terjadi pada system hidrolis
2.
Jelaskan
Indikasi/cara mengetahui petunjuk adanya kebocoran pada saluran tekanan
3.
Jelaskan
gangguan yang membangkitkan panas pada system hidrolis ( z) . sebutkan bagian –
Bagian dalam dari sitem hidrolis yang terjadi bocoran dalam
4.
Jelaskan
mengapa pada peralatan-peralatan yang bergerak cepat seperti heavy dump truck,
motor serapar dsb. Tidak boleh memperlambat / mengerem peralatan dengan jalan
memindahkan handle transmisi dari kecepatan paling tinggi ke kecepatan
ternedah.
5.
Ada
3 macam test pemeriksaan yang dapat menunjukkan gangguan paling utama dalam
suatu system hidrolis dan sebutkan jenis peralatan tester yang digunakan ( 3).
6.
Jelaskan
kegunaan kelep pengatur / control valve pada system pemeliharaan hidrolis.
7.
Sebutkan
jenis pekerjaan pemeriksaan ( test) dengan menggunakan inline tester
8.
Sebelum
melakukan test/ pemeriksaan, sebutkan dan jelaskan tindakan yang harus di
lakukan dalam pemeliharaan hidrolis.
9.
Sebutkan
dan jelaskan tindakan pencegahan dalam pemeliharaan suatu system hidrolis
10.
Jelaskan
fungsi kelep pengendali ( control valve ) pada bulldozer mempunyai 4 posisi
sebutkan dan cara gerakan pengaturannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar